Cara Menghapus File sampah Di Laptop Windows 10

Cara Menghapus File sampah Di Laptop Windows 10 – Cache di Windows atau terkadang disebut dengan file sampah adalah kumpulan file yang masih terdapat di dalam drive penyimpanan hardisk atau memori namun file tersebut sebenarnya sudah tidak berguna lagi.

Jika anda membiarkan file sampah tersebut dalam jangka waktu yang lama, maka hal tersebut dapat menyebabkan performa laptop di Windows 10 menjadi lemot. Selain itu hardisk juga akan terus bertambah size nya setiap hari.

Itulah mengapa perlu dilakukan menghapus file sampah secara berkala, tujuannya adalah untuk menjaga kapasitas hardisk dan agar performa Windows 10 tetap terjaga dengan baik. Selain itu juga dapat mempercepat booting di Windows 10.

Jenis File Sampah di Windows 10

  1. Cache

Merupakan data sementara yang masih terdapat di memori internal Laptop yang disimpan oleh sistem secara otomatis dengan tujuan ketika melakukan membuka atau menjalankan aplikasi tertentu, Windows dapat memprosesnya menjadi lebih cepat.

  1. File temporary aplikasi

File temporary adalah data sementara yang masih tersimpan di hardisk. Saat menggunakan suatu aplikasi, maka Windows akan secara otomatis membuat temporary file dari aplikasi yang dijalankan.

Namun dari temporary file ini ada yang tidak terhapus oleh sistem, sehingga mengakibatkan kapasitas hardisk akan semakin bertambah. Inilah salah satu hal yang dapat menyebabkan performa laptop menjadi lambat.

Temporary File dari aplikasi yang kita jalankan, akan tersimpan di C:\Users\username\AppData\Local\Temp.

  1. Recycle Bin

Merupakan tempat khusus yang disediakan oleh Windows untuk menampung file-file yang sudah dihapus. Ukuran kapasitas maksimal dari recycle bin dapat kita tentukan sendiri angka maksimalnya. Anda bisa menghapus secara permanen file yang berada di dalam recycle bin ataupun mengembalikan file tersebut ke folder semula selama file nya masih terdapat di dalam recycle bin.

 

Akibat yang ditimbulkan jika cache tidak dihapus

File sampah (cache) yang tersimpan dalam jangka waktu yang lama dan dibiarkan terus menerus dapat menyebabkan :

  1. Laptop menjadi lemot dan menurun performanya.
  2. Proses booting menjadi lebih lama.
  3. Terasa nge lag saat membuka aplikasi ringan.
  4. Pemakaian RAM menjadi tidak efisien.
  5. Kapasitas pada drive C menjadi cepat penuh.

Jika anda merasakan performa laptop menjadi lambat, maka anda bisa melakukan hal ini Cara mengatasi laptop Asus lemot Windows 10.

 

Cara menghapus file sampah di laptop windows 10

Pada artikel kali ini sobat maniak dapat mengetahui bagaimana cara membersihkan file sampah dengan mudah agar laptop tidak lemot saat digunakan. Berikut caranya :

Hapus file sampah yang terletak di AppData\Local\Temp

  1. Buka jendela Run dengan cara tekan tombol Windows + r.
  2. Kemudian ketik %temp%, lalu klik OK.Cara Menghapus File sampah Di Laptop Windows 10
  3. Setelah itu akan terbuka jendela baru yang merupakan lokasi temporary file dari aplikasi yang kita gunakan sehari-hari.
  4. Selanjutnya hapus semua file tersebut dengan cara tekan tombol Ctrl + A.Cara Menghapus File sampah Di Laptop Windows 10 ctrl A
  5. Kemudian tekan tombol Delete.
  6. Jika ada notifikasi bahwa ada folder atau file yang tidak bisa didelete, abaikan saja atau skip. Hal tersebut bisa terjadi karena ada aplikasi yang sedang digunakan atau sedang berjalan.

 

Hapus file sampah yang terletak di Recycle Bin

  1. Buka Recycle Bin. Biasanya terletak di desktop.cara membersihkan file sampah
  2. Jika di desktop anda tidak muncul, maka itu artinya Recycle Bin belum diaktifkan. Berikut cara memunculkan Recycle Bin di Windows 10.
  3. Setelah Recycle Bin terbuka, hapus semua file didalamnya dengan cara tekan Ctrl + A untuk menselect semua file yang ada.cara membersihkan file sampah di laptop
  4. Tekan tombol Delete.
  5. Setelah itu semua file sampah akan terhapus.

Setelah anda selesai melakukan semua tahapan diatas, lakukan restart laptop atau komputer. Anda akan merasakan bedanya. Booting laptop akan menjadi lebih cepat dan laptop tidak lemot lagi.

Lakukan aktifitas menghapus file sampah di laptop anda secara rutin. Kegiatan ini bisa dilakukan 2 minggu atau 1 bulan sekali.

Semoga bermanfaat sobat maniak.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *