Cara Mengatasi Laptop Asus Lemot Windows 10

Cara mengatasi laptop Asus lemot Windows 10 – Performa laptop lemot tentu bisa terasa mengganggu, apalagi ketika sedang mengerjakan sesuatu dengan terburu-buru. 1 detik pun terasa lama šŸ˜Š. Jika anda pernah mengalami laptop Windows 10 tiba-tiba lemot, maka anda beruntung membaca artikel ini sobat maniak heheā€¦

Windows 10 merupakan operating system terpopuler saat ini yang dimiliki oleh Microsoft. Di dalam OS ini juga sudah tersedia fitur yang dapat digunakan untuk meningkatkan performa laptop. Maka dari itu, mari coba manfaatkan dengan baik fitur yang sudah disediakan.

Mengapa Laptop Lemot

Dengan semakin bertambahnya usia pemakaian laptop, maka kinerja dari performanya akan terasa menurun. Mulai dari booting windows membutuhkan waktu yang lama, membuka aplikasi lebih lama dari biasanya dan laptop terasa lemot saat menjalankan aplikasi ringan secara multitasking.

Hal ini merupakan sesuatu yang umum terjadi dan anda tidak perlu khawatir.Ā Performa laptop yang lemot bisa disebabkan oleh 7 hal dibawah ini, yaitu :

  1. Banyaknya aplikasi yang diinstall.
  2. Terdapat banyak file sampah (cache) yang belum dihapus.
  3. Terkena Virus atau Malware.
  4. Jarang melakukan update Windows.
  5. Penggunaan fitur visual efek secara berlebihan.
  6. Banyak aplikasi yang tidak diperlukan di auto start up program.
  7. Adanya program yang tidak diperlukan, berjalan di bagian background.

Baca juga :

Cara Menghapus File sampah Di Laptop Windows 10

2 Cara Meningkatkan Performa Laptop Windows 10

Agar laptop tidak lemot dan ngelag, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mempercepat kinerja windows 10Ā pada laptop, yaitu :

  1. Meningkatkan kapasitas dan kualitas Hardware

Dengan melakukanĀ penambahan RAMĀ semisal dari 4GB ditingkatkan menjadi 8GB dan mengganti penyimpanan Hardisk denganĀ tipe SSDĀ akan dapat meningkatkan performa kecepatan laptop secara signifikan. Jika memang dibutuhkan, bisa juga melakukan upgrade prosesor dengan kelas yang lebih tinggi.

  1. Melakukan maintenance di sistem Windows 10

Di dalam Windows 10 sudah terdapat beberapa fitur yang dapat kita gunakan untuk membantu meningkatkan performa laptop. Mulai dari mengurangi fitur visual efek yang digunakan, menonaktifkan notifikasi, Update OS secara berkala dan uninstall aplikasi yang jarang dipakai.

Selanjutnya lakukan aktifitas menghapus cache di Windows 10 yang masih tersimpan di dalam hardisk. Lakukan hal ini secara berkala menggunakan aplikasi CC Cleaner atau bisa juga dihapus secara manual.

Jika pilihannya adalah poin yang pertama, tentu dari sisi biaya harganya tidaklah murah sehingga ada uang tambahan yang harus dikeluarkan. Maka dari itu pada artikel kali ini, akan kami berikan tutorial cara mengatasi laptop lemot windows 10 agar kinerja laptop bisa lebih cepat dan ringan dari sebelumnya.

 

Cara Mengatasi Laptop Asus Lemot Windows 10

  1. Nyalakan laptop terlebih dahulu.
  2. Setelah masuk ke tampilan Windows, masuk ke windows explorer dengan cara arahkan kursor ke tombol start atau icon windows dibawah sebelah kiri, kemudian klik kanan dan pilih file explorer.Cara mengatasi laptop Asus lemot windows 10
  3. Selanjutnya, arahkan kursor ke ā€œThis PCā€ dan klik kanan. Kemudian pilih Properties.cara mengatasi laptop lemot Windows 10
  4. Lalu pilih Advanced system settings.cara mengatasi laptop lemot Windows 10
  5. Kemudian klik setting pada bagian performance.cara mengatasi laptop lemot Windows 10 - performa
  6. Pada Tab Visual Effects, pilih Custom dan bagian yang dicentang hanya pada Show tumbnails instead of icons.cara mengatasi laptop lemot Windows 10-custom
  7. Lalu klik Apply, kemudian OK.
  8. Restart windows 10. Restart laptop dilakukan agar dapat mengembalikan performa Windows setelah dilakukan perubahan atau update settingan seperti diatas. Sehingga windows akan memulai dengan sistem settingan baru yang lebih ringan.
  9. Rasakan perubahannya.

Di dalam Windows 10 telah disediakan banyak visual efek yang dapat dipilih dan digunakan sesuai keinginan user. Efek visual yang tersedia mulai dari tampilan animasi yang sederhana hingga efek bayangan juga ada.

Secara tampilan, efek visual tersebut akan dapat memberikan tampilan yang terlihat lebih menarik, namun secara kinerja akan dapat mengurangi performa laptop karena beban penggunaan memori (RAM) akan bertambah ketika digunakan. Hal inilah yang menyebabkan laptop lemot.

Kesimpulan

Itulah cara mempercepat laptop windows 10 hanya dengan melakukan 8 langkah diatas. Pada Tab Visual Effects, anda tidak perlu khawatir tentang pilihan poin-poin yang lain jika tidak dicentang. Karena itu hanya berupa animasi saja.

Jika kita tidak menggunakan animasi yang disediakan, tentu beban memori pada laptop akan menjadi jauh berkurang. Itulah sebabnya performa laptop windows 10 akan menjadi lebih ringan jika menggunakan settingan custom seperti diatas.

Selamat mencoba sobat maniak…Pasti berhasil.

Leave a Reply