Cara Agar Laptop Tidak Panas Saat Bermain Game Apapun

cara agar laptop tidak panas saat bermain game

Cara agar laptop tidak panas saat bermain game – Suhu laptop panas atau overheating adalah hal yang sangat umum terjadi dan banyak para pengguna laptop yang pernah mengalaminya.

Apalagi ketika laptop digunakan di luar ruangan yang suhu nya panas.

Pada umumnya, penyebab laptop panas adalah kinerja dari sirkulasi pembuangan panas di dalam laptop yang tidak optimal sehingga terjadi penumpukan panas di dalam laptop.

Jika hal ini dibiarkan terus menerus, maka akan dapat dengan mudah menyebabkan kerusakan pada laptop dan komponen di dalamnya, terjadi blue screen, kinerja laptop lemot dan masalah lainnya.

Pada artikel ini, saya akan menjelaskan penyebab laptop cepat panas / overheating dan bagaimana cara agar laptop tidak panas saat bermain game.

Tips ini dapat digunakan untuk semua merek laptop yang ada saat ini, mulai dari Asus, Lenovo, Dell, HP, Acer dll.

Dengan cara ini, anda dapat dengan mudah mendinginkan laptop Anda.

 

Penyebab Laptop Cepat Panas

  • Terlalu Banyak Debu

Jika laptop sering digunakan dan jarang dibersihkan, tentu akan ada debu yang menempel. Terlalu banyak debu pada bagian ventilasi dan kipas, dapat menghalangi sirkulasi udara berjalan dengan lancar.

Sirkulasi udara yang buruk di dalam laptop akan dapat menaikkan suhu laptop ketika digunakan sehingga akan cepat panas.

Selain itu, sirkulasi udara yang kurang bagus, akan menyebabkan debu menempel di kipas pendingin dan heatsink. Sehingga dapat mengurangi efisiensi pembuangan panas melalui kipas.

  • Terlalu Banyak Program Yang Sedang Berjalan

Ketika laptop menjalankan banyak program secara bersamaan, akan meningkatkan kinerja laptop secara signifikan. Kinerja RAM, kartu grafis, CPU, hard disk dan motherboard akan meningkat menyesuaikan dengan aplikasi yang berjalan saat itu.

Semakin tinggi kinerja aplikasi, maka suhu akan dengan cepat meningkat sehingga laptop akan menjadi terlalu panas.

  • Suhu Disekitar Lingkungan

Ketika suhu di lingkungan sekitar saat kita beraktifitas sedang panas, maka suhu yang dihasilkan oleh laptop juga akan dengan cepat meningkat.

Baca juga :

Kenapa Baterai Laptop Cepat Habis

Cara Menghapus File sampah Di Laptop Windows 10

Cara mengatasi laptop Asus lemot Windows 10

Apa Itu Heatsink

Heatsink Fan adalah alat yang digunakan untuk menjaga suhu pada perangkat komputer atau laptop yang berupa prosesor, motherboard dan komponen lainnya agar tetap dingin dan stabil.

Jika suhu di dalam laptop stabil, maka performa laptop akan tetap terjaga dengan baik dan optimal ketika digunakan beraktifitas dan tidak ngelag ketika bermain game.

cara agar laptop tidak panas saat bermain game-heatsink

 

Cara Mendinginkan Laptop Saat Bermain Game

  • Gunakan Cooling Pad Laptop

Anda tidak bisa menambah atau memodifikasi kipas di dalam laptop. Namun anda dapat menggunakan cooling pad atau pendingin laptop.

Alat ini dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja pembuangan panas agar tetap berjalan dengan optimal.

Ketika anda membeli cooling pad, sesuaikan dengan ukuran dari laptop anda. Jika ukuran laptop 14 inch, maka belilah yang sesuai.

Harga cooling pad laptop yang bagus berkisar mulai dari Rp. 75.000 s/d Rp.200.000. Anda bisa membelinya di toko online seperti Shopee, Tokopedia dll.

  • Bersihkan Ventilasi Laptop

Ketika laptop digunakan dalam waktu lama, ventilasi atau bagian pembuangan udara di bagian bawah laptop atau kedua sisi kanan kirinya, bisa jadi tertutup debu dan kotoran lainnya.

Hal ini yang dapat menghambat sirkulasi udara berjalan dengan lancar, sehingga udara panas yang ada di dalam laptop tidak dapat mengalir keluar.

Letak atau desain ventilasi udara pada setiap merk laptop tentu berbeda satu sama lain. Pastikan anda mengerti letak ventilasi laptop dengan baik.

Jika laptop sering digunakan, lakukan aktifitas membersihkan ventilasi ini secara teratur agar komponen hardware di dalam laptop tetap terjaga dengan baik untuk menghindari penurunan kinerja pada laptop.

  • Bersihkan Heatsink Dan Kipas Pendingin

Jika laptop telah digunakan dalam waktu yang lama selama lebih dari satu tahun, maka kipas dan heat sink di dalam laptop akan tertutup oleh lapisan debu dan serat.

Anda perlu membuka laptop untuk membersihkan debu di dalamnya. Hal ini adalah cara mengatasi laptop tidak panas saat digunakan.

Jika anda tidak memiliki kemampuan untuk membongkar laptop, bawalah ke tukang service laptop terdekat karena dibutuhkan pengalaman dan pengetahuan yang cukup untuk melakukan hal ini.

 

Cara Membersihkan Kipas Laptop

Untuk membersihkan kipas laptop, berikut alat yang dibutuhkan dan langkah-langkah nya :

Alat

  1. Obeng
  2. Kuas
  3. Lap kering

Langkah Membersihkan Kipas Laptop

  1. Lepas semua baut yang ada di bagian bawah atau penutup belakang. Setelah semua baut dilepaskan, gunakan obeng tipis atau kartu yang tipis dan cukup kuat untuk melepaskan kait yang menempel pada penutup belakang laptop.
  2. Setelah penutup belakang dilepaskan, selanjutnya lepaskan konektor baterai dari motherboard. Langkah ini sangat penting, dan tujuannya untuk menghindari kerusakan pada perangkat keras.
  3. Lepaskan semua baut pada heatsink dan kipas pendingin. Lalu lepaskan kabel kipas yang menancap ke motherboard.
  4. Lepaskan kipas dari heatsink. Kemudian bersihkan kipas dan heatsink dari debu dengan menggunakan kuas dan lap. Lakukan dengan perlahan hingga bersih dari debu.
  5. Setelah selesai dibersihkan, pasang Kembali dengan hati-hati sesuai dengan posisi semula dan pasang semua baut.